Pages

Ini Dia Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN yang Benar


Hingga saat ini, ada 2 jenis instalasi listrik yang diterapkan di rumah-rumah yakni listrik pascabayar dan listrik prabayar. Dari dia jenis instalasi listrik tersebut, listrik prabayar menjadi pilihan instalasi listrik yang paling banyak digunakan. Hal tersebut dapat terjadi lantaran kebijakan pemerintah yang menerapkan listrik prabayar bagi bangunan-bangunan baru. Meskipun begitu, masih banyak pelanggan PLN yang menggunakan listrik prabayar sebagai instalasi listrik pilihan. Pengguna listrik pascabayar dapat menggunakan energi listrik terlebih dahulu dan membayarnya di bulan berikutnya.

Ini Dia Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN yang Benar

Untuk mengecek jumlah tagihan yang harus dibayarkan, para pengguna listrik pascabayar tidak harus mendatangi kantor PLN secara langsung. Mengecek tagihan listrik PLN dapat dilakukan melalui smartphone. Ada beberapa jenis cara yang dapat dilakukan oleh pelanggan untuk mengecek jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan. Salah satunya adalah dengan melakukan panggilan telepon kepada pihak customer service. Cara tersebut dapat membuahkan informasi jumlah tagihan listrik yang pasti dan dapat dilakukan pada waktu yang diinginkan oleh pelanggan PLN.

Selain menghubungi customer service, mengecek jumlah tagihan juga dapat dilakukan melalui pesan singkat atau sms. Hal ini juga dijelaskan oleh rumah123.com pada laman yang mereka miliki. Format sms untuk mengetahui jumlah tagihan adalah REK (spasi) Nomor ID pelanggan. Format sms tersebut nantinya dapat dikirimkan ke nomor 8123. Jumlah tagihan akan dijabarkan melalui sms balasan dari pihak PLN.

Pelanggan PLN dapat pula melakukan pengecekan mellaui website resmi PLN. Dari website milik PLN ini, pelanggan tidak hanya mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan di bulan ini tetapi juga dapat mengetahui jumlah tagihan di bulan-bulan yang lalu. Pada website PLN, pelanggan dapat memilih menu “cek tagihan” di bagian kiri laman. Masukkan nomor ID pelanggan pada laman dan kode captcha untuk melakukan verifikasi. Klik “cek tagihan” dan informasi mengenai jumlah tagihan akan muncul pada laman.

Pelanggan PLN dapat pula mendapatkan informasi jumlah tagihan listrik untuk setiap bulannya melalui aplikasi PLN mobile. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak PLN. Melalui aplikasi PLN mobile, pelanggan PLN dapat melakukan transaksi token, informasi mengenai lokasi pembayaran tagihan, informasi penggunaan daya dan status pengaduan. Untuk memanfaatkan aplikasi, pelanggan PLN harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Mengecek tagihan melalui aplikasi dapat dilakukan dengan mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran berlaku bagi pelanggan baru. Jika pengguna aplikasi merupakan pengguna aplikasi lama, mereka dapat memindahkan data pada aplikasi PLN mobile. Lakukan login jika ingin memannfaatkan aplikasi mobile milik PLN ini. Mereka yang telah melakukan login akan langsung mendapatkan informasi akan jumlah tagihan daya listrik.

Jika pengguna aplikasi tidak ingin melakukan login, mereka dapat mengklik “informasi” pada aplikasi. Pengguna nantinya akan diarahkan pada laman yang berisikan informasi-informasi tertentu. Pengguna aplikasi dapat melihat pop up yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan nomor id pelanggan. Setelah mengisi data id pelanggan, klik “cari” pada area yang telah disediakan. Jumlah tagihan akan  muncul secara otomatis pada layar gadget yang digunakan.

Dengan banyaknya cara melakukan pengecekan jumlah tagihan, Anda dapat memilihnya berdasarkan dengan keperluan dan kemudahan yang ditawarkan. Anda dapat mencoba beberapa cara pengecekan guna mendapatkan informasi valid akan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Anda dapat pula mencoba kesemua cara pengecekan jumlah tagihan listrik untuk menambah informasi dan pengalaman akan proses pengecekan tagihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com